TARALI KOLOT TATAR PASUNDAN - Jati Sunda ( 11 )
Susunan Pasundan Nu Jadi Jati Sunda
Jati sunda linuhung kuperbawa nu adil tur wijaksana di aping ku budi pekerti laku buhun nu lungguh timpuh kadali tinu maha suci nu ngancik ka sanghyang Adama nu jadi Ramana manusa, dilungsurken ka sanghyang sita hingga ka prabu cakra buana nu jadi tutugu tanah pasundan.
Di sampurnaken ku pola lampah tinu maha agung, darajatna kamulyaan nu linuwih tina suri katauladanan nu jadi nabi panutup dina akhir jaman syaidina Muhammad nu baris nurunken safa‘at, lumungsur hikmahna ka syeh datu kaffi nu nampi cahaya nur jati nu ngais tindak tanduk nu gumati taliti tur ati - ati ngutamaken tulus ikhlas someah tur ramah tamah.
Di sarumsum ku wibawa pajajaran siliwangi nu kakoncara nu mituah rasa silih asah silih asih.Silih asuh jeung papada,nu tandang tur peurtentang dina ngabela lemah cai.
Gelar kamulyaan di kagaiban di daratan tutuguna syaidina sulaiman ngancik ka syaidina khidir tatugu kamulyaan di geusan cai nu nurunkeun karamat kawalian sonata jaya, sunda wibawa, sunda nu jadi panyambung gelar laras patra jagat nata.
1.
Tarali Kolot Tatar Pasundan
Jati sunda linuhung kuperbawa nu adil tur wijaksana di aping ku budi pekerti laku buhun nu lungguh timpuh kadali tinu maha suci nu ngancik ka sanghyang Adama nu jadi Ramana manusa, dilungsurken ka sanghyang sita hingga ka prabu cakra buana nu jadi tutugu tanah pasundan.
Di sampurnaken ku pola lampah tinu maha agung, darajatna kamulyaan nu linuwih tina suri katauladanan nu jadi nabi panutup dina akhir jaman syaidina Muhammad nu baris nurunken safa‘at, lumungsur hikmahna ka syeh datu kaffi nu nampi cahaya nur jati nu ngais tindak tanduk nu gumati taliti tur ati - ati ngutamaken tulus ikhlas someah tur ramah tamah.
Di sarumsum ku wibawa pajajaran siliwangi nu kakoncara nu mituah rasa silih asah silih asih.Silih asuh jeung papada,nu tandang tur peurtentang dina ngabela lemah cai.
Gelar kamulyaan di kagaiban di daratan tutuguna syaidina sulaiman ngancik ka syaidina khidir tatugu kamulyaan di geusan cai nu nurunkeun karamat kawalian sonata jaya, sunda wibawa, sunda nu jadi panyambung gelar laras patra jagat nata.
- PENGERTIAN :
“Sebuah
karya yang beraneka ragam, yg dijelmakan keberbagai rupa, daripada
karya leluhur tanah pasundan, dan karya tersebut terlahir dari tuntutan sebuah
hikmah dari ajaran islam terdahulu dan islam yang menjadi penyempurna, kita semua
mengakui sebelum nabi akhir jaman ada nabi - nabi sebelumnya, yang tentunya para
nabi terdahulu masih membawa ajaran ke islaman, hanya saja isinya lebih
memperjelas ketauhidan.di sebutlah dengan islam buhun, dan diantara
keanekaragaman/corak yang disampaikan salah satunya, para leluhur tanah pasundan
ada yang melalui fituah dan karyanya isinya lebih mengutamakan rasa persatuan, kesatuan dan
kebersamaan dengan budi pekerti dan sikap saling menghormati diantara sesama
manusia dalam bentuk pergaulan.
2.
Akur Jeung Batur Sakasur, Jeung Batur
Sadapur, Jeung Batur Sasumur, Jeung Batur Salembur
Sebuah bentuk pituah melalui sebuah
tulisan daripada leluhur tanah pasundan, yang selalu dijadikan pupuk dalam
pergaulan yang lebih mengutamakan hidup damai dengan setiap orang, di mulai dari
lingkungan berumah tangga keluarga sanak family, dalam lingkungan bertetangga dan
dalam lingkungan pergaulan yg luas Dan apabila ada hal - hal ketidak selarasan
dalam sebuah pergaulan lebih di utamakan mengalah untuk tidak bertentangan dan
bisa untuk saling meluruskan.
- Bukti Kapastian (Bukti sebuah kepastian)
Sanajan jauh dina basisir laut. gajah
tembong buntutna komo awakna pasti eces rupana.
Tapi nu leutik ni leuwih leutik dina
awak sakujur salaku aib diri nu bakal jadi lawang hiji cacian nu nagiwurkeun nu
ngajadi teu nyidik - nyidik kana eta gajah ngacona jadi ngaca tina eunteung
kalangkang nu jadi hiji kapastian.
- Betapa indah sebuah cacian yang
mengarah terhadap diri yg penuh aib ini, karena sebuah cacian slalu menyadarkan
diri yang tidak berdaya ini, dari sgala kekurangan.
Setelah terbuka aib diri seorang
insan yang dapat berdaya hanya karena karunia dan rahmat yg maha kuasa yg memberi kepercayaan untuk hidup dan menjalankan kehidupan ini walau masih tersesat
untuk mensyukuri ni’matnya.
Dan dari banyaknya aib diri ini
menjadi sangat sibuk untuk melawan rasa kekafiran diri sendiri dari nafsu yg aku
tunggangi, sehingga sulit untuk menyempatkan diri untuk memikirkan aib orang
lain.
Dan dari kesadaran diri yang masih
penuh dengan peluang untuk di caci, sehingga lebih sadar untuk lebih menghargai
orang lain lebih bijak dalam menilai sebuah kesalahan karena kesadaran ini
lahir dari sebuah kesalahan diri sendiri.
3. Pamudar Rasa (Kaciborelangan)
Bismillahi allohu nurus sama wati
wal ard - lailaha alohu allohurohman nungajadikeun wawadah hiruf, nunarima rohmat
wujud kuring.
Allohorohim nu ngahirupken bukti
hiruf jisim kuring.Yaahuu pamulihan jisim anu pasti, Yaa Allah pambalikan kuring
nu sampurna, nuju sujud sageularan, nuju bakti saguaran, Nu pasti masing nimu
kapastian, nu sajati bisa numbu thoatillah, nu sumeurah bisa nyipta
hiji kapastian, mana nu kuring mana nu jisim, mana nu jisim kuring, mana nu batur
kuring, mana nu batur, ya isun panumbu alloh yaahu ya alloh dzat sampurna.
Sebuah karya yang lebih membina bahwa
kita harus bisa menemukan sebuah kebenaran dari setiap apa yang diajarkan dengan
kepastian, agar menjadi suatu keyakinan yg dapat menjadi arah yang pasti dan
dipastikan oleh akal yang di sempurnakan, Sehingga tidak meragukan dan tidak
diragukan, bagai cerita segumpal asap lalu dicari dan terlihat dari kejauhan
gumpalan asap tersebut tapi belum jelas sebenarnya gumpalan asap tersebut hanya
melahirkan sebuah perkiraan saja, lalu didekati gumpalan asap tersebut maka dari
situ kita dapat memastikan dengan sebenarnya tentang asap tersebut.
Sehingga sebuah keyakinan yang pasti
dari sebenarnya dari yang kita nyatakan maka ke kukuhan dan keteguhan sebuah
keyakinan akan kita miliki sehingga kita tidak akan tergoncang oleh sgala bujuk
rayu atau ajakan yang tidak pasti, dalam kata lain syifat dari robbiyah dan
syabbiyah yang ada dalam jiwa kita mempunyai arah keteguhan.
4.
Netegken Sifat Khowas Nu Karaih Di
Alam Padang Ngajadi Bekel Kalawan Saksi Poe Panjang Nagara Sampurna
Perjalanan yang harus kita tempuh
disertai dengan rasa ikhlas dan ketulusan agar menjadi sebuah saksi dari diri
manusia.
- Iyya kana budu ; pamuntangan mahluk
piken ngaraih bidayah na tina bidayah nu maha pasti nu ngancik dina sir sukma
manusa piken muka kamulyaan di poe panjang nagara tunjung sampurna.
- Waiyya kanastai'n,ngalap rohmat nu
baris ngajaring tur ngaping sagala upaya nu tulus tur ikhlas tina qodo
sinareng qodarna nu maha wijaksana, nu jadi bibit pasti nu midaun di alam upaya
ngabuah di alam alaeun, Nu matih nu matuh nu sangeut nu seungit, hiber ku
jangjangna, ngambah ku guyangna, linuhung, linuwih ku tumarimana.
- Kalau kita renungkan dengan seksama,
begitu banyak corak yang menjadi sebuah bagian daripada kehidupan di
dunia ini, dari ciptaan yang maha kuasa dari yang terkecil hingga yang terbesar, dari
yang terlihat hingga yang tidak terlihat sekalipun, Begitu
juga dengan segala hal yang di alami dan di rasakan dalam perjalanan yang kita
tempuh semua adalah bagian dari hidup mahluk yang menjadi pengisi alam ini.
Pada dasarnya suatu qodo dan qodar
yang sudah ditentukan bukan berarti, menginginkan atau tidak menginginkan dengan
apa yang sudah menjadi bagian dari hidup ini.
Bagai siang dan malam, bagai hujan dan
panas, semua sudah ditentukan tidak satupun mahluk yang sanggup untuk menolak dan
mengubahnya, Kita hanya dapat berjalan dikala malam dan dikala siang dengan
kesanggupan dan dalam perjalanan tersebut diisi dengan hal kebaikkan dalam arti
lain dijadikan sebuah jalan untuk meraih sebuah a'mal kebaikan sehingga
perjalanan yang kita tempuh tidak menjadi suatu kesia - siaan dan kerugiaan untuk
diri sendiri dari semua mahluq ciptaan yang maha kuasa.
Begitu juga dengan bentuk sebuah
kesusahan atau kesenangan, harta dan tahta juga ilmu pengetahuan hal lain yang
menyangkut kemampuan dan kesaktian dan lain - lainnya. Itu semua hanya sebuah alat
yang mempermudah untuk melakukan perbuatan sebuah a'mal baik dan perbuatan itu
akan kita tinggalkan didunia, hanya dari nilai a'mal baik itu saja yang akan
menjadi saksi keikhlasan dan keta’atan.
Jadi dasar dari keselamatan yang abadi
itu bukan dari banyaknya ilmu pengetahuan atau kesaktiannya, tapi dari hasil
pengalaman yang ikhlas dan dari hasil perbuatannya yang tulus dan tidak terpikir
selintaspun dari segala perbuatan baik yang kita lakukan maka perbuatan baik itu
akan menjadi sebuah a'mal baik.
5. SENI BUDAYA
·
SENI
: “Lahir tina jiwa sairing jeng irama
hate, nu ngajadi aspirasi nurani tina dasarna sir anu baris ngajadi budi
sahingga bisa nembus kanu galuh lelembutan sejena, ku halna sa alaman nu aya dina rasana, tur ngajadi panghiap nu tarigtug tutunggulan nu kajadian dina qolbuna, aya
oge nu ngajadikeun seni pikun ngahontal rupa - rupa maksud”.
BUDAYA
: “Salah sahiji kabiasaan nu lahir nurut kana karakter nu di aspirasikeun
piken ngaraih pangraket pergaulan atawa hal anu di pimaksud kunu
ngaspirasikeun sir, Piken mere jalan karakter budi nu akhirna ngajadi sabagian
tatacara tur ngajelma ngajadi adat istiadat, nu pada akhirna aspirasi nurani
sairing jeung karakter budi sahingga ngajadi sir budi nu kacipta nu sajalan
rejeng rasa tur di geularkeun ngajadi seni budaya.”
6. SENI BUDAYA : “ Seni budaya corakna
aneka ragam gumantung kanu
Ngaspirasiken , sir budi cipta rasana, nu salaras kana kaayaan jiwa tur
alam dina mangsana.
ISLAM JEUNG SENI BUDAYA
Seni budaya sanes agama, tapi islam ngagandeng seni budaya pikeun
ngajadikeun hiji media pikeun da'wah islam. Kalawan mupuk simbul tina ajaran
islam nuturkeun kana corak budayana masing - masing, nu gampang dikaji tur kukuh
dina hal nu dijadiken media Tur seni ngajadi daya tarik piken ngagero nu
paling bijak piken awam tur gampang piken ngalarapken tuntunan karena
salaras jeung budaya masing - masing, sahingga seni ngajadi hiji tontonan nu
ngandung tuntunan, tur eta budaya ngajadi adat nu ngandung makna siki jeung
kembang tina tuntunan ajaran keislaman, Nu eusina ngangkat kana darajat
kamanusaan, tur eta seni budaya ngajadi jalan pangrakeut wujud persatuan nu
silih asah, silih asih, tur silih asuh, jeung papada, kalayan ngajadi
salaras, sairing , sairama, aya oge sabagian budaya di tetepkeun pikeun
ngelingan kana asal usulna jeung lemah caina.
SENI NU NYENI
Seni nu nyeni nu beurbudi, nu salaras jeung atikan nu ngandung tuntunan, nu
luyu jeung tutugu.
PESENI
Nu sairing dumading, nu ngajirimkeun suri tauladan tina harti seni tur
eusi tina jinis tur jirim seni estu nu di pahamkeun tina salah sahiji bidangna
ngajirim dina tindak tandukna.
7. PENGERTIAN :
Seni budaya atau budaya atau adat istiadat bukanlah agama, banyak
kemungkinan yang menyangkut hal tersebut : Ada yang menjadi media siar ajaran
agama, ada pula yang menjadi media tuk penyampai sebuah tujuan lain yang tentunya
beragam jenis dan bentuknya, cara dan artinya, sehingga dari suku - suku bangsa dan
dari wilayah - wilayah dari pengisi bumi ini mempunyai sebuah seni dan
budaya, sehingga kitapun harus menghormati dari nilai sebuah karya.
Dari itu ada suatu pemisah untuk mengungkap suatu sejarah agar tidak
menjadi kesimpang siuran, sehingga tidak bercampur aduk dengan apa yang kita
singkap mengenai sebuah karya para leluhur atau peninggalan dari pada
leluhur, Pada intinya sebuah karya atau peninggalan daripada leluhur semuanya
harus disingkap untuk mencapai sebuah pemahaman dari tujuan - tujuan dari
karya - karya dan peninggalan orang - orang terdahulu.
Belum tentu semua suku - suku bangsa dan suku - suku bumi ini mempunyai adat
istiadat atau seni budaya yang sama dan arti dan maksud yang sama. Kita sebagai
generasi sebagai pewaris sekaligus sebagai pemecah harus betul - betul menjadi
generasi yang dapat menjawab karya dan peninggalan,dari generasi - generasi
terdahulu Agar apa yang dimaksud menjadi terbuka dan di pahami agar ke depan anak
cucu kita dapat memahami dengan segala tujuan yang bersangkutan dengan
peninggalan, dengan harapan, kalau sudah dinyatakan suatu karya atau salah satu karya
dari peninggalan para leluhur dari generasi - generasi terdahulu yang tersimpan
sebuah tuntunan menyangkut agama, keislaman atau hal lain harus kita singkap
dengan teliti agar kedepan anak cucu kita memahami dan mempunyai suatu
keputusan yang pasti.
Bukan berarti kita harus menghilangkan sebuah karya yang tidak selaras
dengan masing-masing suku dan bangsa Tetapi semua harus kita hormati karena sisi
lain dengan dapatnya kita saling menghormati sebuah karya antara suku bangsa
kita bisa mewujudkan sebuah tali persatuan antar kehidupan sesama manusia.
8. Dari itu dalam catatan yang aku singkap
aku memulai menyingkap dari diri sendiri dari tanah kelahiranku
sendiri, dari leluhurku sendiri yang ada di tatar pasundan Dan aku yakin kaitannya
akan tersingkap pula sejarah dunia mengenai arti dari sebuah ajaran yang di
muliakan dan adat istiadat kata lain seni dan budaya yang ada di setiap suku
bangsa dan setiap suku didunia ini, Sehingga kita dapat menyimpulkan dan
memisahkan antara yang dimaksud, artinya juga pengertiannya juga sama dengan yang di
maksud.
Pengertian lain mengenai seni budaya yang menyangkut sebagai media dari
ajaran islam terdahulu <islam buhun >dan ajaran islam sebagai
penyempurna, anatau mengenai seni budaya yg menyangkut fituah atau himbauan para
generasi terdahulu.Harus mempunyai sebuah nilai yang berbeda dan perlu di jaga
untuk dilestarikan dengan sarat harus slalu sampai pemahaman dan arti dari
karya tersebut, agar tetap utuh dan dapat ditumpangi hal - hal yang akan
menghancurkan sebuah karya para leluhur, karena karya dari pada leluhur sudah
sangat erat dengan adat istiadat dan seni budaya,khawatir kedepan anak cucu
kita rapuh dalam menjaga sebuah karya sehingga lepas dan hancur sekaligus
hilang adat istiadat yang menjadi ciri tatar pasundan. Akan aku aspirasikan
dalam sebuah tulisan dan tulisan ini akan aku jadikan penegur dari diriku
sendiri, bukan sebuah cacian atau mengajari karena akupun yakin masih banyak
orang yang lebih memahami dengan segala yg aku ungkapkan.
9. SUKMA JATI SUNDA NGALAYANG NEANG ATI
NU SUCI
Komentar